PENYALAHGUNAAN INTERNET
DI KALANGAN REMAJA KEBUMEN
1. PENDAHULUAN
Teknologi merupakan metode ilmiah untuk
mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan; keseluruhan sarana untuk menyediakan
barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
Asal muasal awal ada teknologi adalah dari jaman awal manusia mulai membutuhkan
alat bantu dalam kehidupan, yang semuanya itu kemudian berkembang sesuai dengan
kemajuan jaman. Semakin jaman ini berkembang, maka teknologi yang ada dalam
masyarakat pun semakin berkembang, dan ini seiring juga dengan keinginan
manusia yang selalu mempermudah hidupnya di segala aspek kehidupan.
Teknologi jika benar-benar dikuasai
dalam kehidupan, maka akan banyak hal yang akan dapat dipermudah dan
dikerjakan. Perkembangan teknologi yang berkembang pesat saat ini, jika kita
pahami secara fungsional di satu sisi akan dapat membantu kehidupan manusia,
tetapi di sisi lain juga akan dapat menghancurkan kehidupan manusia. Di Kebumen
sebagian anak remaja lebih sering menghabiskan waktu di dunia maya. Padahal
kehidupan manusia tidak hanya di dunia maya, kita juga harus menghadapi dunia
nyata. Di dunia maya, misalnya internet jika pemanfaatannya sudah melampaui
tergantung pada teknologi.
Ketergantungan dalam
internet dapat membuat masyarakat beralih kehidupan. Dipikirkan lebih dalam
lagi jika para remaja lebih asyik menghadapi dunia maya daripada menghadapi
dunia nyata itu akan berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia.
Berkaitan dengan hal di
atas dalam makalah ini penulis mengangkat masalah-masalah sebagai berikut.
1. Apa
faktor-faktor yang menyebabkan para remaja menyalahgunakan internet?
2. Apa
upaya yang dilakukan untuk mengatasi penyalahgunaan internet dan mengurangi
ketergantungan internet?
Sedangkan tujuan
pembahasan “Penyalahgunaan Internet di Kalangan Remaja Kebumen” adalah sebagai
berikut.
1. Mendiskripsikan
faktor-faktor penyalahgunaan internet.
2. Mendeskripsikan
upaya pencegahan penyalahgunaan internet dan mengurangi ketergantungan
internet.
2. PEMBAHASAN
“Teknologi merupakan hasil rekayasa
manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima
sehingga membantu kehidupan manusia. Teknologi berfungsi untuk memperoleh informasi, mengembangkan mesin, dan lain
sebagainya. Selain itu, teknologi dalam pemanfaatan yang tidak berlebih dapat
mengurangi ketergantungan dengan teknologi” (Sadiman,
2007 : 93).1
1. Faktor-Faktor
Yang Mempengaruhi Penyalahgunaan Internet
2.1. Lingkungan Keluarga
·
Kurang awasnya orangtua
terhadap anak.
·
Kurang harmonisnya
hubungan orangtua dengan si anak sehingga anak ingin mencari kesenangan di
luar rumah.
·
Orangtua terlalu sibuk
dan acuh.
·
Orangtua yang terlalu
memanjakan si anak dengan selalu memberi uang lebih kepada si anak.
2.2. Lingkungan Teman Sebaya
·
Pergaulan dengan orang
yang terlalu terobsebsi dengan program-program yang disediakan oleh internet.
·
Bujukan dari teman yang
tidak bisa dielakkan.
·
Si anak yang tidak mau
ketinggalan dengan teman-temannya.
2.3.Lingkungan
Sekolah
·
Lingkungan sekolah yang
kurang ketat dalam mengawasi para anak didik yang sering mengakses
situs-situs yang buruk dari internet.
·
Lingkungan sekolah yang
dekat dengan internet.
·
Sekolah yang terlalu
sering memberikan tugas yang berhubungan dengan internet.
2.4. Lingkungan Masyarakat atau Sosial
·
Lingkungan masyarakat
yang banyak menyediakan layanan internet.
·
Lemahnya pengawasan
anggota masyarakat terhadap para pelajar.
2.5. Diri sendiri
·
Lemahnya akhlak si
anak.
·
Keingintahuan si anak
akan dunia modern.
·
Si anak yang tidak
mampu mengontrol diri atau kesan ikut-ikutan.
·
Si anak yang mudah
terpengaruh.
·
Si anak merasa bermain
internet jauh lebih menyenangkan daripada belajar.
·
Waktu yang dimiliki
siswa akan lebih banyak tersita ke internet daripada belajar.
·
Merusak motivasi siswa
dalam belajar.
2. Upaya
Mengatasi Penyalahgunaan Internet dan Mengurangi Ketergantungan Internet
4.1. Keluarga
·
Orangtua menciptakan
suasana yang hangat dan bersahabat di dalam rumah.
·
Meluangkan waktu untuk
kebersamaan di dalam rumah.
·
Memberikan kesibukan
yang bermanfaat pada anak agar anak tidak memiliki banyak waktu untuk membuka
internet.
·
Memeriksa alat
komunikasi anak seperti handphone, laptop jika punya agar si anak tidak
mengakses situs yang tidak penting.
·
Menanamkan disiplin
yang baik pada anak.
·
Memperhatikan cara
belajar anak di rumah.
·
Tidak memberikan uang
jajan yang lebih.
·
Memperhatikan pergaulan
si anak.
4.2. Sekolah
·
Sekolah memberikan
penyuluhan tentang pengaruh internet, apabila disalahgunakan oleh para siswa.
·
Melakukan razia secara
tiba-tiba agar para siswa tidak sembarangan mengakses hal-hal yang negative.
·
Memberikan motivasi
kepada siswa agar terbebas dari pengaruh internet yang bersifat negative.
·
Memberikan pengarahan
kepada siswa tentang komunikasi yang baik.
3. PENUTUP
1. Kesimpulan
1. Faktor-faktor yang mempengaruhi
penyalahgunaan internet:
1. Lingkungan
keluarga
2. Lingkungan
teman sebaya
3. Lingkungan
sekolah
4. Lingkungan
masyarakat atau sosial
5. Diri
sendiri
2. Upaya untuk mengatasi penyalahgunaan internet
dan mengurangi ketergantungan internet adalah bagi keluarga untuk memeriksa alat
komunikasi anak seperti handphone, laptop jika punya agar si anak tidak
mengakses situs yang tidak penting dan bagi sekolah untuk memberikan penyuluhan
tentang pengaruh internet, apabila disalahgunakan oleh para siswa.
2. Saran
a.
Keluarga
Sebaiknya
orang tua laebih mengawasi si anak saat menggunakan internet, bila perlu komputer
atau laptop diletakkan di ruang keluarga.
b.
Pemerintah
Peraturan
atau Undang-Undang yang telah dibuat harus dipertegas dan dilaksanakan supaya
para remaja tidak lagi menyalahgunakan internet.
c.
Para
Remaja
1.
Sebaiknya para remaja
perlu meningkatkan keimanannya agar tidak mudah terjerumus ke hal-hal yang
negative.
2.
Sebaiknya para remaja
jangan terlalu bergantung pada internet.
3.
Seharusnya para remaja
lebih menjaga diri dari perbuatan-perbuatan yang menyimpang.