Powered by Blogger.

Tips Mudah Menciptakan Lagu


Untuk para sobat sekalian yang suka menciptakan lagu atau lagi coba-coba bikin lagu, ini ada tips yang OK dalam pembuatan lagu, tapi di bagian pembuatan lirik atau syairnya saja. Sobat bisa coba, hal yang bisa sobat lakukan seperti ini:
1.      Jangan Terlalu Puitis
Kebanyakan para pemula pembuat lagu isinya tentang kisah pribadinya masing-masing dan kebanyakan sering menggunakan kata-kata yang begitu puitis sehingga sulit diterjemahkan yang menjurus lagu itu tidak mempunyai isi yang jelas. Intinya jangan mementingkan keindahan lirik yang menyebabkan kita melupakan irama lagu yang kita buat. Coba lihat kembali deh lagu-lagu sobat...
2.      Mudah Pengucapannya
Lagu mudah dirasakan bila dalam pengucapan lirik atau saat menyanyikan lagu itu tidak ada hambatan. Disamping mengganggu dalam pengucapannya, itu juga berdampak pada keindahan lagu tersebut. Pengucapan lirik yang sulit bukan karena kata yang kita pilih itu sendiri, melainkan juga bisa pada kata yang mempunyai jumlah suku kata yang berbeda di irama yang sama.
3.      Perhatikan Persajakan
Sebaiknya kita juga memperhatikan persajakan karena itu juga bisa memperindah lagu itu sendiri, coba sobat liat lagunya Peterpan yang berjudul “Menghapus Jejakmu”. Lagu ini nampak sempurna, hampir setiap akhir baris selalu berakhiran huruf “U”, bukan hanya itu saja coba sobat tengok lirik lagu Peterpan yang lainnya seperti mimpi yang sempurna, langit tak mendengar, tak bisakah, bintang di surga dll. Perhatikanlah persajakan lagu-lagu itu, mungkin ini yang menjadi rahasia mengapa lagu-lagu Peterpan selalu laku keras di pasaran. Bukan saja lagu Peterpan saja, coba sobat liat lagu miliknya Audi yang berjudul “Lagu Sendu”, di lagu ini juga semuanya berakhiran dengan vokal “U” disetiap akhir baris. Persajakan tidak harus disetiap akhir baris, tapi bisa saja di tengah baris atau di setiap bait mempunyai persajakan yang berbeda. Persajakan juga tidak harus berirama aaaa, bisa saja bersajak silang atau yang lainnya. Menurutku persajakan ini menjadi gagasan utama dalam pembuatan lirik. Tapi juga jangan salah, lagu yang tidak memperhatikan persajakan tidak akan indah. Jika sulit mencari kata agar persajakannya sama, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih kata yang pengucapannya mudah dan cocok bila dirangkai dilirik lagu yang sedang kita buat.
4.      Mudah Diingat
Agar lirik mudah diingat ada dua cara yaitu:
-          Kita harus memilih kata-kata yang akan kita jadikan syair.
-          Kita juga harus jeli dalam merangkai kata-kata agar tidak sumbang dan bisa menjadi lempeng saat mengucapkannya atau menyayikannya.
5.      Jauhilah Kata-Kata Sumbang
Janganlah memakai kata-kata yang bila didengar terasa sumbang misalnya waras dan gila. Kata-kata ini agak sulit dirangkai dalam lirik lagu pop.

Nah,,, mungkin itu saja yang bisa aku berikan semoga membantu. Dengarkan lagu kesukaan sobat agar ada inspirasi, jangan mudah menyerah. Walau kita bukanlah seorang musisi/pencipta lagu yang terkenal, tetaplah membuat lagu seindah mungkin karena dari itu kita akan mendapatkan kepuasan yang tidak dirasakan orang lain. Gimana? makanya cepetan bikin lagu sob! Kapan lagi kalau bukan sekarang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan gunakan bahasa yang baik dan santun dalam berkomentar,

Terimakasih
<-ADMIN->